Categories
Blogging

Usaha Sambil Studi, Why Not?

Di era modern ini, banyak lembaga pendidikan mulai dari sekolah telah mempersiapkan mulai dari lebih dini akan pembekalan para anak didiknya dalam menyambut masa depan. Banyak tersedia pelatihan dan praktek langsung berupa survei ke lokasi tempat bekerja dalam mempersiapkan calon penerus tersebut dalam lebih mengenal gambaran sehingga tidak terkejut ketika suatu hari nanti memulai suatu usaha. Ada beberapa alternatif bidang usaha sambilan yang dapat dijalankan sambil sekolah atau kuliah.

Alasan Untuk Memulai

Banyak orang beralasan tidak menjadi suatu hal yang penting untuk memulai usaha kecil-kecilan saat masih sekolah atau kuliah. Salah satu faktor yang sering diungkapkan adalah cukup dengan segala sesuatu yang diberikan oleh orangtua. Sehingga demi mempertahankan prestasi saat studi, tidak berkeinginan untuk mencoba menjalankan usaha. Padahal di masa kini, cukup banyak terdengar berita mengenai keberhasilan yang telah diperoleh berbagai orang, dimana mereka menjalankan usaha sambil menempuh pendidikan. Tak jarang juga terdengar dari kenalan yang berhasil bekerja sambilan atau menjalankan usaha kecil di luar negeri sambil mempertahankan prestasi akademisnya.

Ditambah dengan semakin bertambahnya populasi manusia menyebabkan semakin sulitnya memperoleh pekerjaan di era digital ini. Di beberapa negara lain, berbagai orang mulai mengalami kesulitan dalam memperoleh pekerjaan akibat dari persaingan antara tenaga manusia dan tenaga mesin/robot. Semakin berkembangnya suatu negara, semakin canggih juga cara yang ditempuh supaya dapat menghemat biaya yang dikeluarkan dalam produksi atau keperluan kerja lainnya. Maka dari itu diperlukan adanya suatu terobosan untuk dapat bertahan dalam situasi yang sulit, dan untuk menciptakan upaya baru dalam mengembangkan usaha. Berbagai pengembangan yang dapat dilakukan dalam meningkatkan usaha dapat difokuskan pada kebutuhan maupun keinginan dari pasar. Misalnya dalam lingkup wilayah sekolah, beberapa barang dan jasa yang dapat dibutuhkan oleh para pelajar contohnya buku dan alat tulis, makanan untuk bekal makan siang, hingga bahkan menjual ringkasan materi pelajaran yang disertai soal latihan dengan harga bersahabat. Tentunya hal-hal seperti ini terlihat menarik bagi banyak pelajar disana.

Hidup yang Semakin Modern

Dunia ini berkembang dengan begitu cepatnya seiring matahari terbit dan terbenam. Waktu berlalu begitu cepat, dan menjadi suatu kesia-siaan jika hanya melewati hari tanpa usaha yang maksimal. Berkembang sama seperti dunia modern, situasi hidup pun menjadi semakin sulit. Banyak orang mengalami kegagalan dan jatuh bangun dalam menjalani hidup, terutama dalam hal pekerjaan. Hal ini juga yang menjadi faktor akan begitu besarnya harapan akan kehidupan kerja yang baik bagi banyak orang. Bahkan di Jepang, negara Asia yang sudah begitu maju sekalipun, penjualan jimat di lokasi-lokasi yang populer untuk harapan baik bagi pekerjaan menjadi produk yang dijual paling mahal. Hal ini menunjukkan secanggih apapun kondisi hidup yang dijalani oleh masyarakatnya, ketakutan akan hal-hal mendasar dalam hidup masih menjadi suatu masalah yang besar. Maka dari itu, diperlukan suatu terobosan yang benar-benar matang dan dapat memberi solusi bagi masalah dalam hidup untuk dapat terus bertahan.

Usaha Sama Orang, Atau Usaha Sendiri?

Solo atau Bekerja di Perusahaan

Banyak pikiran ini terbersit di kepala para pelajar atau mahasiswa yang akan melanjutkan aktivitasnya ke bidang pekerjaan. Beberapa diantara mereka ada yang sudah menetapkan untuk membuka usaha sendiri, atau melanjutkan usaha keluarganya. Namun sebagian besar masih banyak yang belum memiliki kepastian akan hal ini. Banyak dari mereka yang beramai-ramai mengajukan aplikasi untuk melamar kerja di berbagai lowongan yang tersedia. Bersaing dengan ribuan pekerja lainnya yang terbagi atas aneka jenis kemampuan dan pengalaman. Akhirnya karena terbatasnya jumlah perusahaan yang tersedia, hingga kini masih banyak lulusan SMA, SMK, akademi dan sarjana yang masih belum berhasil mendapatkan pekerjaan. Tentunya baik membuka usaha sendiri maupun bekerja dengan orang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Berkarya Dari Pengalaman

Berbagai survei yang banyak muncul sering mengatakan bahwa suatu pekerjaan menjadi baik untuk dikerjakan jika sesuai dengan minat, bakat dan jurusan yang ditempuh dari jurusan pendidikan sebelumnya. Meskipun dalam faktanya, tidak semua orang lulus dari jurusan kuliah tertentu pasti akan bekerja dalam bidang yang sama. Banyak dari para sarjana atau lulusan SMK yang justru bekerja dalam bidang lain yang tidak sesuai dengan bidangnya. Beberapa diantara mereka banyak yang secara terpaksa, atau karena desakan untuk cepat mulai bekerja hingga faktor lain seperti butuh uang yang akhirnya mengakibatkan mereka untuk menerima aneka macam lowongan yang terbuka untuk bisa mulai bekerja.

Padahal, ada berbagai aneka cara kreatif yang dapat dikembangkan dalam berkarya secara profesional. Seperti contohnya dalam membuat karya digital atau konten, yang kemudian dapat menjadi populer, dan terkenal di media. Karya yang dibuat tidak harus selalu dalam bentuk digital, bisa jadi dikerjakan secara manual. Namun wujud dalam menunjukkannya akan lebih mudah untuk ditampilkan secara digital. Selain itu ada berbagai platform digital yang dapat digunakan dalam menyampaikan aneka hasil karya tersebut, seperti vlog, menjadi sosok selebgram di instagram, menjadi blogger hingga penulis lepas, atau profesi yang populer di masa kini seperti menjadi youtuber, sosok yang mengendorse suatu produk seperti makanan minuman atau produk lainnya.

Quote Albert Einstein

Pengalaman, Guru yang Paling Berharga

Pepatah mengatakan ‘pengalaman adalah guru yang paling berharga’, hal itu adalah suatu informasi yang tepat. Meskipun tidak harus selalu diambil dari pengalaman pribadi, belajar dari metode ini merupakan hal yang baik adanya dan bisa sangat bermanfaat. Untuk hal-hal kecil dapat dilakukan dengan menerapkan pengalaman pribadi yang pernah dialami. Misalnya dalam hal penguploadan konten maupun karya digital jenis tertentu yang sebaiknya dilakukan dalam waktu H-1 dari tanggal hari yang sebenarnya. Lalu ucapan atas perayaan hari raya, maupun selamat atas hari ulang tahun pribadi atau jabatan tertentu sebaiknya diucapkan saat mendekati jam istirahat waktu makan siang. Hal ini bertujuan agar ucapan-ucapan tersebut tidak mengganggu waktu produktif dalam bekerja atau belajar yang mungkin dapat merusak fokus pikiran bagi pihak yang diucapkan.

Sosok terkenal yang telah berhasil dalam menjalani usaha bidang tertentu yang sedang dijalani saat ini juga menjadi panutan yang baik bagi perkembangan bidang yang sedang dijalani. Meskipun umumnya pihak-pihak tersebut tidak membagikan akan kegagalan mereka untuk bisa dipelajari agar tidak mengulang hal yang sama, namun beberapa wujud keberhasilan dan langkah yang telah ditempuh dapat dijadikan tips yang dapat diikuti. Jika orang-orang itu saja bisa berhasil, mengapa orang lain tidak bisa turut serta berhasil saat menjalaninya? Dorongan mental yang kuat terbukti dapat meningkatkan kinerja otak dalam berusaha lebih keras, maupun memunculkan ide-ide baru yang unik dan kreatif dalam usaha, serta usaha untuk bekerja lebih efektif dan efisien lagi.

Akhir kata, demikianlah beberapa pertimbangan yang dapat dijadikan landasan untuk menjalani usaha sambil menempuh studi dengan kemungkinan berhasil yang cukup besar. Tertarik untuk mencobanya?